PDF to Word (Editable) – Free OCR


Untuk rekan-rekan yang ingin merevisi dokumen atau referensi tetapi tidak memiliki filenya dalam bentuk softcopy tak perlu cemas lagi karena sudah ada program yang namanya OCR (optical character recognition).
Apa sih OCR ?
Rekognisi karakter optik atau pengenalan huruf optik (lebih populer dalam istilah bahasa Inggris, optical character recognition, yang biasa disingkat OCR) adalah alat mekanis atau elektronika yang digunakan untuk menerjemahkan menerjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketikan (biasanya dipindai menggunakan pemindai) menjadi teks yang dapat diedit dengan suatu aplikasi komputer.
Caranya ?
Scan hardcopy yang ingin kita salin dan disave dalam format pdf (besar minimum scan 200 dpi)lalu dibuka diprogram OCR kemudian aktifkan/run feature OCR nya. Secara otomatis text dalam file pdf akan diterjemahkan di kolom sampingnya. Rekan-rekan bisa mengekspor text tersebut ke Ms. Word dengan meng klik feature logo MS words atau bisa juga text tersebut di pindahkan dengan sistem copy-paste dengan mem-blok text tersebut terlebih dahulu.
Mudah kan….Beda dengan program pdf to word biasa, yang hanya memindahkan halaman pdf ke dalam ms word dalam bentuk image yang tidak bisa diedit, program OCR ini dapat menerjemahkan langsung text yang ada di pdf ke bentuk text juga. Jadi dengan program ini rekan-rekan tidak perlu mengetik ulang semua dokumen yang akan diedit, hanya cukup dengan scaning hardcopy documen lalu disave dalam format pdf dan jalankan program OCR ini.
Sebagai catatan, program ini hanya untuk menerjemahkan text, tidak bisa menerjemahkan bentuk table.

Aplikasi OCR

Aplikasi OCR

Download disini

Selamat mencoba !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: