Pengembangbiakan Ikan Cupang


Beragam warnanya nan indah serta kemolekan tubuhnya ikan cupang selain di jadikan ikan aduan juga merupakan ikan hias yang cukup menghibur mata dikala penat beraktifitas.  Dengan keindahannya itu, yang umumnya di miliki oleh ikan cupang pejantan, membuat ikan tersebut sombong. Hal ini akan terlihat ketika ikan cupang pejantan di asingkan untuk beberapa lama dari teman/keluarganya. Ketika cupang jantan yang diasingkan itu di pertemukan kembali ke teman/keluarganya maka hal yang akan terjadi adalah sebuah perkelahian yang amat sengit.

Tidak ada alasan/motif yang memicu perkelahian tersebut, mungkin hanyalah  untuk menunjukan kesombongan dengan kekuatan dan keindahannya, mereka  saling menghancurkan bentuk dan keindahan lawannya hingga salah satu mereka merasa kalah.

Karena bentuk dan warnanya yang indah dan sifatnya, ikan ini banyak yang minat untuk di pelihara maupun di kembangkan. Adapun cara pengembangbiakan ikan cupang sangatlah gampang, waktu kelas 3 SD  saya sudah berhasil mengembangbiakan ikan ini, caranya  yaitu :

1. Sediakan wadah yang yang cukup luas,  artinya anda dapat dengan leluasa menangkap induk betina setelah bertelur tanpa merusak sarangnya. Ketinggian air sekitar 15-25 cm. Letakan di tempat yang sejuk.

2. Pilihlah indukan (jantan dan betina) yang baik dan sehat. Untuk jantan Bisa di lihat dari mengkilatnya warna sisik, gerakannya agresif dan  seritnya tebal. Untuk betina yang sudah matang kelamin (salah satu cirinya adalah terdapat bayangan telur di sekitar perutnya berupa bintik-bintik putih)

3. Masukan cupang jantan terlebih dahulu ke dalam wadah, perhatikan pinggiran wadah,  apakah jantan tersebut sudah mulai membuat busa?

4. Masukan betina jika pejantan sudah membuat busa di pinggir wadah.

5. Tutup wadah kemudian tunggu hingga 2 sampai 3 hari, lalu cek kondisi sarang. Jika terdapat butiran-butiran putih yang menempel di busa tersebut, segeralah pisahkan/keluarkan induk betina dari wadah.

6. Berilah makanan secukupnya untuk pejantan (2 jentik nyamuk atau sujung lidi cacing halus). Berguna agar telur tidak dimakan oleh pejantan karena lapar.

7. Benih akan menetas setelah 2-3 hari. Setelah berumur 3-4 hari dimana kuning telurnya sudah hilang, benih cupang bisa di kasih makan biskuit ikan yang dihaluskan secukupnya, karena akan memudahkan dimakan ketika biskut tersebut lunak, atauberi kuning telur tawar. Jangan beri kuning telur terlalu banyak karena bisa membuat air menjadi keruh, bau, dan berminyak.

8. Beri kutu air setelah umur 1-2 minggu, kemudian untuk mempercepat pertumbuhan boleh di kasih cacing halus.

86 Responses to “Pengembangbiakan Ikan Cupang”

  1. EnTuOT Says:

    ma KasiIH INfoRMasinYA

  2. Hanif Says:

    sama-sama, terimakasih sudah berkunjung
    klo dah berhasil kasih tau yah, mungkin bisa nambahin pengalamannya mengenai pengembangbiakan ikan cupangnya

  3. Aweng Says:

    kalo bisa cara pengembang biakan kutu airnya juga dong…
    karena di tempat saya susah mencari kutu air. thank’s.

  4. Hanif Says:

    Salam kenal mas awang
    Untuk tutorial mengenai kutu air saya belum bisa buat karena belum punya pengalamannya, mungkin bisa di lihat di page ini :
    http://www.radmanblog.cn/entry/1/Cara-Praktis-Budidaya-Kutu-Air-Daphnia-sebagai-Pakan-Ikan-Hias.html

    terimakasih dah mampir mas Awang, mudah2an jadi motivasi saya untuk mencoba pengembangbiakan Kutu air.

  5. aditya Says:

    mas mw tanya,caranya nyari kutu air gmana??cupang saya udah netas telurnya,dkasih makan apa ya???

  6. Hanif Says:

    kutu air dapat di temukan di tempat-tempat genangan air yang tenang, seperti kolam-kolam pembuangan limbah rumah tangga (tapi bukan septictank yah). Hidupnya berkelompok, biasanya ada di pinggir kolam berwarna kemerah-merahan (orange) dan berada di permukaan air. Untuk menangkapnya gunakan saringan bahan kain, bukan saringan dengan bahan kasa.
    Idealnya anak cupang yang baru menetas di kasih pakan kutu air, tapi karena kondisi yang ga memungkinkan, misal di musim hujan habitat kutu air susah di dapat, anak ikan cupang bisa di kasih kuning telur ayam mateng yang tawar atau kasih biskuit ikan yang di haluskan terlebih dahulu.
    Pemberian kuning telur ini jangan berlebihan, karena akan menyebabkan air menjadi keruh/kotor.

  7. Supri Yanto Says:

    bagaimana cara mengetahui yang mana ikan cupang betina dan ikan cupang jantan?…..

  8. Hanif Says:

    Kalau sudah besar membedakan cupang jantan dan betina sangat mudah sekali terutama dilihat dari warnanya.
    Menurut pengamatan saya, untuk ikan cupang jantan warnanya lebih keluar (terang) di banding yang betina yang cendrung lebih pucat. Sedang dari bentuknya untuk cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang di banding yang betina. Jika dilihat dari samping, cupang jantan cendrung memiliki bentuk kepala yang sedikit meruncing (seperti kepala pesawat) di banding yang betina yang cendrung lebih bulat (seperti kepala kapal selam). Hal serupa juga bila kita lihat dari atas, cupang betina lebih terlihat besar di bagian perutnya dan sedikit rata dengan badannya di banding cupang jantan yang relatif lebih rata/ramping di sekitar perut dan badannya.

  9. yudi Says:

    anak cupang saya sudah 7 hari jangkanya dari penetasan.
    yang mau saya tanya apakah pejantannya saya pisahkan/masih digabung dengan anak cupang tersebut.

  10. kevin Says:

    Mw nny klo ikan betina ny lebih besar dari yg jantan gmn ? sama kalau dikawinin di aquarium bsa gk ?

  11. Hanif Says:

    Anak ikan cupang boleh dipisah dari induk jantannya asalkan tidak ada ikan lain yang dapat memangsa anak ikan cupang tersebut, sedang untuk masalah makannya, anak ikan cupang akan survive dengan instingnya asalkan di beri makan dengan baik

  12. Hanif Says:

    ikan betina lebih besar tidak masalah asalkan secara biologis cupang tersebut sudah mampu melakukan proses reproduksi. Wadah pengembang biakan di aquarium bisa2 saja, asalkan tidak di campur dengan ikan2 yang lain. Karena keberadaan ikan yang lain akan menjadi hama bagi telur ikan cupang. Jika ingin pakai aquarium sebaiknya dipisahkan dari ikan2 lainnya dan tidak perlu di beri gelembung udara ataupun arus air.

  13. Dani Says:

    Bang, mw nanya ne!
    Gmana lw dakuarium dksh tumbuhan air, bs gngu pembiakan telur gk? Thank u

  14. Hanif Says:

    secara tak langsung bisa mengganggu, karena seringkali tumbuhan air merusak sarang/busa ketika pengambilan induk betina. Jika ingin meletakan tumbuhan air sebaiknya setelah telur menetas.

  15. Pinz Says:

    mw nny nich klo ikan cupang klo udh netes koq mkn lma mkn dkt y udh gt gk ad myt ikn ny , knp y?

  16. Hanif Says:

    ya saya juga pernah mengalaminya, untuk saat ini saya masih menduga kemungkinannya. Dari kasus yang saya alami itu karena saya lupa memberi makannya jadi kemungkinan induk jantan yang memakannya. Mohon di koreksi jika teman2 punya penjelasan dan pengalaman yang lain

  17. adryan bayu perdana Says:

    bos……….
    Mkasih atas informasinya.
    Gw nak semarang.klo kpan2 main ke semarang kbarin gw ya…..
    Byar bsa main ke rmah w…..
    Ok….

  18. Teguh Priyanto Says:

    wah,wah,wah!..ternyata saran dari Prof betul2 jitu. terbukti saya berhasil melakukannya, dan baru selang seminggu indukannya dh bisa dikawinin lg ya ^_^
    oh ya thank’s atas ilmu & sarannya

  19. claudyusuf Says:

    kok saat udah ada telurnya malah ikan cupang jantannya gak mau makan? gmana donk neh? mohon bantuannya.

  20. claudyusuf Says:

    dan saya lihat ikan jantannya malah makan telurnya sendiri.

  21. Hanif Says:

    mas Yusuf, saya boleh tau jenis makanan yang dikasih dan seberapa banyak? ikan jantan ga mau makan bisa di mungkinkan karena pemberian makan yang lambat sehingga jantan tersebut sudah makan telurnya sendiri atau karena pemberian makan yang terlalu banyak sehingga jantan tersebut merasa terganggu, terutama jika busa/sarang rusak karena faktor makanan tersebut. Ikan cupang jantan juga bisa menaruh telurnya sementara di mulut sebagai salahsatu cara melindungi telurnya dan menaruhnya kembali ke busa/sarang.
    CMIIW

  22. claudyusuf Says:

    iya sih emang telat karena kepotong waktu buat sekolah… ngasih makannya cacing yg dalam bungkus yg sudah mati terus dibentuk kotak-kotak. .ga tau deh namanya apa. .. . makasih ya infonya.

  23. claudyusuf Says:

    kalo ikan cupangnya udah menetas dikasih makan apa? kutu air bisa gak?

  24. Hanif Says:

    kalo saran saya sebaiknya di kasih kutu airnya sesudah sekitar umur 2 mingguan (relatif). Mas yusuf bisa memperkirakan besarnya kutu air sama kepala/mulut anak ikannya. Jika kepala anak ikannya kira-kira sudah lebih besar dari kutu airnya boleh di kasih makan kutu air, tetapi kalo masih kecil dari kutu air sebaiknya tidak usah dulu karena mereka belom bisa makannya. Baiknya, sebelum anak ikan tersebut mampu memakan kutu air, di kasih kuning telur rebus yang di buyarkan atau kasih pur/biskuit ikan (makanan ikan yang bulat, banyak di jual di pasar) yang dihaluskan.
    Jangan lupa, pemberian kuning telur/biskuit ikan jangan terlalu banyak, sedikit2 saja dulu, untuk menjaga kebersihan air.

  25. Hanif Says:

    Terimakasih pak Teguh, sama-sama. Saya juga masih belajar pak. Btw, boleh nih di bagi ke temen-temen mengenai kiat-kiat nyuburin indukannya biar bisa cepat reproduksi lagi ^_^

  26. Hanif Says:

    Terima kasih mas bayu dah mampir ke sini, Insya Allah dikabarin ^_^

  27. claudyusuf Says:

    oh makasih banyak ya. .

  28. Julianzah sabtono Says:

    Salam knal smua,sy mau tnya kra2 klo betina’y b’telur perut’y kempes ga…sy lgi nyoba trnakin…tq

  29. Hanif Says:

    Biasanya sekitar 3 hari betina sudah bisa di keluarkan dari wadah/sarang. Setelah 3 hari itu biasanya jantan selalu dekat sarang dan menjauhi betina. Terdapat telur berupa titik-titik putih di antara busa sarang. Perut cupang betina sudah kempes dan tidak terlihat bintik – bintik putih disekitar perutnya. Mudah-mudahan Infonya bermanfaat dan semoga berhasil mas Julianzah.

  30. Urfan aja Says:

    Permisi.. Saya mau tanya nih kalau ikan cupang betina yang sudah kempes perutnya apakah bisa dipakai lagi untuk pengembangbiakan selanjutnya dengan jantan dari suku/warna yang lain, soalnya cupang betina saya ini warnanya sangat langka dan indah. Terimakasih, jawabannya ditunggu ya.

  31. Hanif Says:

    cupang betina masih bisa dipakai pengembangan selanjutnya, baik dengan jantan yang sama maupun yang berbeda. Dengan asupan pakan yang baik, sekitar 2 minggu dari saat bertelur pertama, betina sudah bisa di jadikan indukan kembali.

  32. Urfan aja Says:

    Maaf nih saya mau nanya lagi : 1.apakah warna indukan betina mempengaruhi kualitas anakan selanjutnya. 2. Apakah bisa mengawinkan cupang rawa betina dengan cupang jantan thailand kualitas no 1 atau sebaliknya. 3. Apakah pakan berupa biskuit ikan bagi anakan bisa diganti dengan pelet nutrisi yang dihaluskan. Terima kasih atas semua jawabannya. Maaf jadi ngerepotin maklum saya cupang mania pemula.

  33. aviantz Says:

    mas mau nanya ikan cupang betina ku kan belum membuncit saat di kawinin nah skarang kira kira 5hari baru membuncit,cuman sayangnya sekarang belum bertelur
    tolong mas balas ke email ini: messi.andrea19@yahoo.com

  34. ady Says:

    sya mo nanya nich saat dikawinkan kox cupang jntan malah melukai betinanya ya sampe-sampe btinanya luka dan mati……???

  35. Hanif Says:

    @Urfa :
    1. Warna indukan bisa mempengaruhi kualitas anakan selanjutnya secara genetif. Misal pejantan warna Hijau, betina biru kemungkinan warna turunannya bisa mirip dengan pejantannya, mirip dengan induknya, perpaduan antara keduanya ataupun bawaan gen warna masing2 yang tidak tampak secara fisik di pejantan maupun betinanya misal albino karena salah satu induknya mempunyai silsilah keturunan albino.
    2. Bisa, salah satu keistimewaan ikan cupang adalah bisa di kawinkan dengan jenis yang lain sehingga menghasilkan jenis yang beraneka ragam.
    3. Bisa

  36. Hanif Says:

    @ aviantz :
    harus di perhatikan antara buncit karena pemberian pakan yang banyak dengan buncit karena berisi telur, buncit karena telur salah satu cirinya samar-samar terdapat totol2 putih telur di perutnya.

  37. Hanif Says:

    @ ady :
    dulu saya juga mengalaminya, sampai cupang betinanya luka-luka, cuma bedanya tidak sampai mati😀
    dulu waktu itu saya lupa memisahkan betinanya setelah bertelur dan lupa memberi makan. Hasilnya sarang rusak, telur tidak ada, betinanya luka-luka. Saat itu saya ingat klo betinanya tersebut merupakan anak dari pejantannya yang baru matang.
    Saya pun masih bertanya-tanya apa karena faktor keturunan atau karena rusaknya sarang dan telur dimakan betinanya sehingga pejantan melukai betinanya.
    Bagaimana dengan mas Ady? apa betinanya terlalu kecil (muda)? umur pejantan dan betina terlalu jauh? lupa pemberian makan? Boleh di ceritakan ke sini🙂

  38. heru Says:

    trus yg jantan nya kpn di anglat nya?

  39. Rizki.L Says:

    mas klo infusoria itu ngembakbiakinnya gmana sih

    al’a aku dah baca bnyk artikel gak pda ngerti

    mas tolong di perjelas ya tentang infusoria’a !

  40. Lisa Says:

    hallo… Mau tanya2 nih. Sy bbrp kali kawinin cupang. Udh sampe netes telurnya. Udh sy pisahin dr induknya. Sy kasi makan kuning telur. Tp kyknya koq ga pnah dimakan ya. Smp air keruh, byk jentik nyamuk. Ga bs nguuras krn susah ambil anakan cupangnya. Smp akgirnya mati semua. Gimana tuh?

  41. Lisa Says:

    Tanya dong… Sy bbrp kali biakin cupang, tp max usia buyak 7hr lalu mati. Sy beri makan kuning telor, smp kutu air, tp kayakny koq gak dimakan ya. Airnys jg jd kotor dan bau kayak selokan. Gmn cara ganti airnya, sedangkan kotoran2nys jauh lbh besar dr buyaknya. Trimakasih

  42. tegar Says:

    Mas,maw tanya. Merek biskuit untuk pakan anak ikan cupangnya tau gak? Bisa referensiin gak,merk apa?
    Thanks ya

  43. Hanif Says:

    jantannya diangkat setelah anak cupangnya sudah bisa makan jasad renik/kutu air, yaitu setelah kurang lebih sebesar jentik nyamuk

  44. Hanif Says:

    pemberian kuning telurnya harus di kurangi. Air keruh karena pemberian pakan yang berlebih/tersisa. sebaiknya pemberian kuning telurnya sedikit saja dan tidak tiap hari. Tidak dimakannya kuning telur kemungkinan karena masih terlalu besar dengan mulut anak ikan. Mungkin bisa coba kuning telurnya di keringkan terlebih dahulu sehingga saat pemberiannya bisa di haluskan sesuai dengan kemampuan makan anak ikannya.
    Semoga membantu, dan tetap semangat untuk berhasil budidaya cupangnya.

  45. Hanif Says:

    Pemberian pakan jangan berlebih. jika dirasa besarnya kutu air masih sama dengan besar buyak sebaiknya jangan di kasih kutu air dulu, cukup kasih kuning telur sedikiiit saja dan di haluskan.

  46. Hanif Says:

    biasanya dalam wadah botolan ada gambar ikan cupangnya. 1 warna (cream), bentuknya lebih kecil di bading bulatan pakan mas koki yang “Cantik”

  47. Prety Says:

    Bisa lebih spesifik lagi gak,pemberian kuning telur nya gmn??
    Di rebus trus dikeringin maksudnya?sampe buyar sendri atau gmn?
    Seberapa banyak kira2?

  48. Ryan nugraha ramadhan says Says:

    kak klu gak di kasih kutu air gmn?boleh gak thanks

  49. aldie_nak slank !!!! Says:

    bang aku mau tanya nihh,,bang kasih tau donxk awal mula nya ikan bsa di kawinkan,,dri pertama beli smpia harus di satuin nya…………………..

    qu tunggu ya jawaban nya……………….

  50. Hanif Says:

    gampang die, pertama Ikan yang siap dikawinkan yaitu sudah matang secara biologis…hehee alias dewasa, sekitar umur 4 bulan keatas. Untuk induk betina, perutnya sudah buncit dan terlihat samar bintik putih (telur) di daerah perut. Sedangkan untuk jantan jika di dekatkan dengan betina sudah bisa membuat buih di pinggir wadah. Cermati kesehatan dan kualitas indukan.(lincah, warna, agresif, dan keturunan/jenis). Selanjutnya bisa di simak penjelasan diatas.

  51. Hanif Says:

    boleh…tapi kebutuhan protein pakan alami lebih baik ketimbang pakan buatan

  52. Hanif Says:

    dikeringkan maksudnya agar saat pemberian makan kuning telur bisa di haluskan seperti dedek tanpa merusak kekeruhan air. untuk banyaknya relatif, coba saja sebesar 1/4 ujung jari kelingking di masukan sedikit-sedikit. dedek kuning telur akkan mengambang sementara lalu turun kedasar wadah perhatikan kekeruhan airnya dan selama 2-3 hari. jika didasar wadah sudah habis ulangi pemberiannya dengan tetap memperhatikan kekeruhan air sampai benih dinilai cukup besar untuk menerima pakan alami (kutu air)

  53. dana Says:

    thanks

  54. koko Says:

    kak gmana cranya agar ikan mengeluarkn busa nya, thankz

  55. Hanif Says:

    ikan jantan akan membuat busa (sarang) secara alami / naluri dalam proses pengembang biakannya. memang ada beberapa jantan yang busanya hanya sedikit dan mudah rusak, umumnya bagi jantan yang usianya muda dan kurang bisa beradaptasi terhadap tempat penjinakan. Untuk melihat kesiapan jantan dalam membuat sarang/busa, koko bisa melakukan test dengan memperlihatkan betina ke jantan pada wadah yang berbeda, kemudian cek setelah beberapa jam, Apakah jantan membuat busa di wadahnya atau tidak. Jika ‘iya’ dan ingin melakukan pengembangbiakan sebaiknya masukan jantan ke dalam wadah pengembangbiakan terlebih dahulu kemudian betinanya.

  56. ega Says:

    Bang gimana caranya biar jantanya cepat bikin buih?

  57. Dhiki Chaki Says:

    Salam kenal,,,,kak kalo telur ikan cupangnya udah menetas dan udah umur 2 mingguan dikasih pakannya bisa gak kutu air gak???

  58. aldi Says:

    halo semua,saya punya ikan cupang tapi sudah lama sy gabungin indukx, tapi belum ada telurx bagaimana carax supaya ada telurx

  59. Muhammad Adli Says:

    Gan selain kutu air bisa ngak?

  60. Rosyid Says:

    mau nanya , kalo di dalam Keler gelas, cupang itu bsa beranak ga ?

  61. Hanif Says:

    tetep bisa bertelur cuma karena keler gelas memiliki permukaan yang sepit maka pada saat pemisahan induk betinanya aga susah, dikhawatirkan merusak sarang/busa tempat ditaruhnya telur.

  62. Hanif Says:

    sepertinya klo 2 minggu sudah bisa di kasih kutu air, coba bandingkan besarnya kepala anak ikan dengan besarnya kutu air

  63. Hanif Says:

    kira2 pada saat digabungin apakah betinanya sudah cukup umurnya, atau mudahnya terlihat titik-titik putih di area perutnya. jika belum ada sebaiknya di pisahkan dulu dan di beri pakan.

  64. Hanif Says:

    bisa, coba cacing kering yang sudah kita serpihkan seperti dedek, tapi perhatikan banyaknya, jangan sampai membuat air kotor

  65. agus r Says:

    trm untk infonya untuk indukan crinya dmna

  66. Dikki Says:

    Mau tanya.misah jantanny hri keberapa

  67. Yusril Ihza Says:

    trima kasih saya bru gabung nanti saya coba mas,,, mohon do’a sajah yah mah semoga saya berhasil😀

  68. Ican(HC)OUTRIGHT Says:

    Mas mau nanya,ciri ciri ikan cupang betina gak mau kawin kenapa ya? Thankyou

  69. Nur Muhammad Safi'i Says:

    Bung , ada yang jual cupang doubel tail gak ?
    Kalo ada hub : 089694599039

  70. Al hakim Says:

    Bang saya mau nanya maaf tapi kalau di telornya ada kuning kuningnya gitu harus apa ya? Mohon bantuanya

  71. Gund Edan Says:

    aku punya cupang jantan dan betina tp yang jantan itu lebih kecil dari betina apakah aku boleh mengkawinkannya?

  72. Hanif Says:

    boleh di coba bang Gund, asalkan sudah cukup umur🙂

  73. Hanif Says:

    umumnya karena cupang betinannya stress bro kadang baru di deketin jantannya eeeh tuh betina udah ngibrit kenceng banget, klo ketemu cupang betina seperti itu lebih baik jangan dipakai sebagai indukan

  74. Hanif Says:

    klo bisa secepatnya tapi lebih baik jika warna kuning di perut anakannya hilang, asal tidak merusak / mengganggu anakannya, misal saat proses pengambilan jantannya memakai serokan/jaring sehingga anaknya ikut nyangkut di jaring. Anakannya aga rentan terhadap arus yang ditimbulkan dari penarikan jantan, sebaiknya pelan-pelan dan hati-hati.

  75. Joan suganda Says:

    Mas,klo udh bertelur brapa hari netesnya.?

  76. ardy Says:

    baik ga gan kalo induk jantanya terus ama anak nya ampe gede, masalahmya udah saya campur terus mau saya angkat tpi bingung kolamnya gede,… anaknya sih banyak udah lumayan gede” bisa makan jentik nyamuk yang kecil”, tolong sarannya gan.

  77. dhaney Says:

    Mas mau nanya…klo jantan+betina udh disatuin…
    Brapa lama waktu kawin mnimal+maksimalnya..??
    1hari,2hari or lebih…

  78. ipoenk Says:

    Gan klo ingin kawin kn ikan cupang laen jenis bisa/gk,,seperti double tail dan serit,,dan Чªήğ lain2’a terimaksih gan

  79. Handita Says:

    Mas, saya baru pemula… belum tahu banyak mengenai ikan cupang. saya mau tanya.
    1. Kalo ukuran indukan jantannya lebih besar, yang betina agak kecil, itu mempengaruhi perkembangbiakannya gak?
    2. Kok cupang saya yang Jantan agak nakal ke betina ya? sampe dikejar kejar terus. apa mau nanti dikawinkan?
    Terima kasih sebelumnya🙂

  80. Handita Says:

    Owh ya.. saya boleh tanya lagi?
    Kan cara kawinnya. yang indukan Jantan dimasukkan ke toples. lalu ditutup. apa nanti tidak mati tuh mas? kan ga ada suplply oksigen yang mausk?

  81. Hanif Says:

    sebetulnya tidak masalah, cuma yang dikhawatirkan jika induk jantannya kurang suplay makannannya nanti anaknya sendiri yang di makan

  82. Hanif Says:

    hahaaa…ya jangan terlalu rapat, kalau bisa jangan di toples cari wadah yang lebih luas misal ember

  83. Hanif Says:

    bisa bos, saat ini juga sudah banyak cupang anakan paduan

  84. Hanif Says:

    2-5 hari, tergantung dari luas wadah dan kesiapan induknya

  85. Hanif Says:

    dulu punya pengalaman jantannya lebih kecil dari betinanya, si jantannya justru yang dikejar-kejar betinanya dan malah jantannya jadi pucat🙂
    tapi boleh dicoba dengan jantan mas edan sapa tau kecil2 cabe rawit

  86. Hanif Says:

    1. tidak
    2. Justru itu yang normal, klo betinanya yang ngejar-ngejar jantan biasanya malah gagal karena klo betinanya yang lebih dominan/galak biasanya yang jantan malah jadi takut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: