WHY MEN DON’T LISTEN AND WOMEN CAN’T READ MAP


Cowok dan cewek itu sebenernya telah berevolusi secara fisik
tapi masih membawa kebiasaan dari cowok-cewek jaman purba. Pas jaman
purba kan cowok berburu, cewek tinggal di gua. Cowok melindungi,
cewek mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun
berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini.

Selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus
berubah dengan caranya masing-masing. Sampailah kita pada jaman
modern ini, di mana ternyata cowok dan cewek itu berbeda dalam
memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang
berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi,
prioritas dan tingkah lakunya juga beda. Contohnya, ada dalam kasus-2
berikut ini.

KASUS MENTEGA DI KULKAS

Setiap cewek di dunia pasti pernah mengalami ini. Kisahnya berawal
dari cowok yang berdiri di depan kulkas yang terbuka…

Cowok : “Menteganya mana ya ?”
Cewek : “Di dalem kulkas”
Cowok : “Nggak ada tuh” – sambil celingak-celinguk ke dalem kulkas…
Cewek : “Kok bisa nggak ada ? Dari dulu juga ditaruh di kulkas”
Cowok : “Mana ? Nggak ada. Gue udah cari. Nggak ada apa-apa tuh di
kulkas”
  
Terus si Cewek akhirnya harus ikutan ke dapur ikutan
ngelongok ke kulkas dan… secara ajaib bin sulap, tangannya udah
megang mentega. Apa komentar selanjutnya dari si Cowok ? “Ditaruhnya
di situ sih… terang aja tadi nggak keliatan !”

Kejadian semacam ini juga terulang kembali, ketika si cowok
mencari selai Strawberry dan tidak ketemu. Dia hanya menemukan selai
Nanas, padahal mungkin selai Strawberry itu ada di belakang selai
Nanas. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak cowok mencari
kata M-E-N-T-E-G-A atau kata S-T-R-A-W-B-E-R-R-Y di kulkas. Kalo
kotak mentega atau botol selai yang ada tulisannya menghadap ke arah
lain, udah nggak keliatan deh.
 
Sebenernya ada implikasi lain dari perbedaan besar sudut
pandang ini. Dengan sudut pandang yang jauh lebih besar dari cowok,
mata cewek bisa ngelaba tanpa perlu takut ketahuan. Sementara kalo
cowok, udah pasti kena tuduh atau ketangkep basah kalo matanya lagi
jelalatan. Penelitian mengungkapkan  bahwa mata cewek ngeliat bodi-
bodi cowok sama seringnya, bahkan lebih sering, daripada cowok
ngeliatin bodi-bodi cewek. Tapi, dengan daya pandang yang jauh lebih
superior, cewek jarang ketahuan…
 
COWOK CUMAN BISA MELAKUKAN SATU HAL PADA SUATU WAKTU !

        Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak cowok lebih
terspesialiasi, terbagi-bagi .Otak cowok berkembang sedemikian
sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang
spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa
ngerjain semuanya tapi harus ‘satu-satu donk’.

        Kalo cowok minggirin mobil untuk baca peta, biasanya dia juga
akan ngecilin suara radio atau tape. Banyak cewek yang bingung
kenapa. Kan bisa aja baca peta sambil denger radio dan bicara. Kenapa
cowok bersikeras ngecilin suara TV kalo ada telepon ? Atau kadang
cewek suka bingung “Kalo dia lagi baca koran atau nonton TV, kok dia
nggak bisa denger tadi gue bilang apa  ?”

        Jawabannya  adalah karena sedikit sekali jaringan yang
menghubungkan otak kiri dan kanan cowok , sehingga kalo cowok yang
lagi baca koran atau nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa
dia seketika itu juga jadi tuli. Sementara otak cewek punya
konstruksi yang memungkinkan cewek melakukan banyak hal sekaligus.

        Cewek bisa melakukan banyak hal yang sama sekali nggak
berhubungan pada waktu bersamaan , dan otaknya nggak pernah putus,
selalu aktif ! Cewek bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak
di dapur dan nonton TV. Atau dia bisa nyetir, dandan, dengerin radio
dan bicara lewat hands-free.  

STRATEGI SEPATU BIRU ATAU EMAS
 
        Alkisah Bambang dan Fenny sedang siap-siap untuk pergi ke
pesta. Fenny baru aja beli baju baru dan pengen banget keliatan
cantik. Dia pegang 2 pasang sepatu, sepasang warna biru, sepasang
warna emas. Lalu dia bertanya ke Bambang, dengan pertanyaan yang
paling ditakutin cowok, “Bang, yang mana yang musti Fenny pake dengan
baju ini ya ?”.  “Ahh… umm… yang mana aja yang kamu suka Sayang,”
Gitu jawab Bambang. “Ayo donk Bang,” kata Fenny lagi,nggak
sabaran, “!” jawab Bambang. ” Yang mana yang keliatan lebih bagus …
yang biru atau yang emas ?” “Kayaknya yang emas deh Emangnya yang
biru kenapa ?” tuntut Fenny. “Kamu emang dari dulu nggak pernah suka
sama yang Biru ! Aku beli mahal-mahal dan kamu nggak suka, kan ?”

        Bambang dalem hatinya mungkin udah dongkol, “Kalo nggak mau
denger pendapatku, kok tadi nanya!” Bambang pikir tadi dia disuruh
menyelesaikan suatu masalah, tapi ketika masalahnya sudah ia
selesaikan, Fenny malah kesel. Fenny sebenarnya sedang menggunakan
bahasa yang tipikal cewek alias cuman cewek yang ngerti: bahasa tidak
langsung atau kerennya indirect speech.

        Fenny sebenernya udah mutusin mo pake sepatu yang mana dan
tidak sedang minta pendapat ; yang dia inginkan adalah konfirmasi
dari Bambang bahwa ia terlihat cantik. Memang  cewek kalo ngomong 
biasanya menggunakan indirect speech  alias memberikan isyarat  
tentang apa yang sebenarnya dia inginkan.  Tujuannya adalah untuk
menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa terjalin hubungan
yang harmonis satu sama lain. Indirect speech biasanya menggunakan
kata-kata seperti: ‘kayaknya’, ‘sepertinya’ dan sebagainya.
 
        Ketika cewek bicara menggunakan indirect speech ke cewek
lain, tidak pernah ada masalah – cewek lain cukup sensitif untuk
mengerti maksud sebenarnya. Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan
cowok, bisa berakibat fatal. Cowok menggunakan bahasa langsung atau
direct speech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang
orang lain katakan.  Tapi sebetulnya dengan sedikit kesabaran dan
banyak latihan, cowok dan cewek bisa kok belajar untuk mengerti satu
sama lain.

        Jadi kembali ke persoalan sepatu biru atau emas, bagaimana
solusinya untuk kaum cowok ? Sangatlah penting bagi kaum cowok untuk
tidak memberikan jawaban secara langsung. Bila kita re-wind situasi
tadi, Bambang  harusnya   bertanya , “Kamu udah milih yang mana,
Sayang ?” Dan jawaban berikutnya biasanya, “Ehm… Aku pikir aku bisa
pake yang emas …” karena memang pada kenyataannya Fenny udah milih
yang emas. “Kenapa yang emas ?” tanya Bambang, sambil tersenyum
cerdik. “Soalnya aku bakal pake asesoris warna emas dan bajuku ada
pola keemasannya”, demikian jawab Fenny. Bambang kemudian dengan
yakin akan bisa menjawab, “Wow ! Pilihan kamu bagus tuh Fen! Kamu
bakal keliatan paling cantik nanti !” Dijamin malam itu Bambang akan
sangat bahagia. Masih inget kan betapa frustasinya manusia terhadap
pasangan lain jenisnya?? Nah tapi sebetulnya dalam hati kita tuh
masih butuh pasangan loh.

SEBETULNYA APA SIH YANG KITA INGINKAN ? 

        Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu cewek
dan cowok umur 17 – 60 tahun, terungkap  apa yang cewek inginkan dari
partner longtermnya dan apa yang cowok pikir cewek inginkan.

Yang  cewek inginkan dari cowok :
1      Kepribadian
2      Humor
3      Sensitivitas
4      Kepandaian
5      Bodi yang bagus

Yang cowok pikir cewek inginkan :
1      Kepribadian
2      Bodi yang bagus
3      Humor
4      Sensitivitas
5      Wajah yang tampan     

        Studi ini menunjukkan bahwa cowok sebenernya cukup mengerti
apa yang cewek-cewek inginkan. Sekarang kita lihat  apa yang cowok
inginkan dan apa yang cewek pikir cowok inginkan.
 
Yang  cowok inginkan dari cewek :
1      Kepribadian
2      Wajah yang cantik
3      Kepandaian
4      Humor
5      Bodi yang bagus     

Yang cewek pikir cowok inginkan :
1      Wajah yang cantik
2      Bodi yang bagus
3      Dada yang besar
4      Pantat yang ok
5      Kepribadian
     
        Ternyata cewek kurang tahu kriteria yang cowok-cowok inginkan
sebagai partner hidupnya. Cewek membuat asumsi  berdasarkan tingkah
laku yang mereka lihat atau dengar tentang cowok, yaitu cowok yang
matanya terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi cewek.

        Jadi bisa disimpulkan kalo cowok dan cewek itu memang makhluk
paling unik yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua
pihak supaya komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: