Sudut pandang kehidupan dari kacamata seorang pengusaha


Setiap manusia mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda tentang kehidupannya. Berikut contoh sudut pandang kehidupan dari seorang pengusaha yang menceritakan betapa mudahnya menjalankan bisnis karena setiap hari kita telah menjalaninya. Mereka mengasumsikan bahwa menjalankan bisnis sama dengan menjalankan kehidupan berkeluarga. Singkatnya dimulai dengan mencari bentuk / skup bisnis yang ingin kita jalani dengan bagaimana kita mencari pasangan hidup kita sesuai dengan tujuan hidup kita. Setelah tujuan dan bentuk telah terbayang, bagaimana perencanaan untuk memulainya? Bagaimana mendapatkan dan mewujudkan hanya dengan modal/potensi yang ada. Disinilah awal mulanya dasar dari bisnis, yaitu tujuan, perencanaan, eksekusi, marketing.

Diawali dengan usaha kecil2an yang tanpa modal, yaitu dengan tersenyum, perkenalan, menyapa, dan bersilaturahmi. Seiring waktu akan meningkat menjadi perbincangan yang meningkat menjadi mengenal dan mempercayai bahkan ikut kedalam suatu jaringan (network). Dengan jaringan yang semakin luas maka kemungkinan besar ada yang ingin menjadi partner yang satu pemikiran/tujuan dengan kita untuk menjadi sebuah organisasi. Selanjutnya tercetuslan sebuah MoU/Surat legalitas sebagai tanda keseriusan untuk berkembangnya sebuah organisasi. Maka terbentuklah sistem untuk mencapai tujuan mereka.

Dengan mensinergikan misi dan visi, mereka merencanakan bagaimana mengembangkan organisasinya setelah mereka memiliki aset yang dinilai cukup untuk melakukan pengembangan. Kemudian dibentuklah anak organisasi. Dengan dibentuknya anak organisasi, secara otomatis induk organisasi bertanggung jawab  memberikan bimbingan dan support, bagaimana caranya si anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: