Way Kambas – Tempat perlindungan hayati purba

Jumat, 11 November 2007 merupakan hari libur saya dan teman-teman. Hari yang sangat cerah sehingga cocok sekali mengadakan perjalanan wisata alam di Lampung. Salah satu tempat wisata alamnya yang terkenal adalah Taman Nasional Way Kambas.
Way Kambas terletak di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Kira-kira memakan waktu satu jam dari kota Bandar Lampung (Tj. Karang), dengan memakai kendaraan pribadi.
Ketika memasuki kawasan Taman nasional seluas 130.000 hektar ini kami melintasi kawasan semak belukar dan pohon-pohon seperti Api-api (Avicenia marina), Pidada (Sonneratia sp.), Nipah (Nypa fructicans), gelam (Melaleuca leucadendron), Salam (Eugenia polyantha), Rawang (Glocchidion boornensis), Ketapang (Terminalia cattapa), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Pandan (Pandanus sp.), Puspa (Schima walichii), Meranti (Shorea sp.), Minyak (Diptorecapus gracilis), Merbau (Instsia sp.), Pulai (Alstonia angustiloba), Bayur (Pterospermum javanicum), Keruing (Dipterocarpus sp.), Laban (Vitex pubescens) dan lain-lain. Taman ini berfungsi melindungi berlangsungnya proses ekologis yang akan menunjang sistem penyangga kehidupan jenis hayati yang tergolong langka. Dan mungkin anda akan bertemu hewan langka, seperti Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Beruang madu (Helarctos malayanus), Anjing hutan (Cuon alpinus), Rusa (Cervus unicolor), Ayam hutan (Gallus gallus), Rangkong (Buceros sp.), Owa (Hylobates moloch), Lutung Merah (Presbytis rubicunda), Siamang (Hylobates syndactylus), Bebek Hutan (Cairina scutulata), Burung Pecuk Ular (Anhinga melanogaster).
. Hari itu memang bukan hari yang padat pengunjung, tidak ada hiburan yang diperankan oleh gajah-gajah yang sudah terlatih seperti sepakbola gajah, gajah joget dangdut dll, jadi kami langsung ke lokasi dimana gajah-gajah sumatera di mandikan.
Disana terdapat kolam buatan untuk memandikan gajah yang dikelilingi padang rumput yang luas dengan relief tanah yang tidak rata, ada perbukitan dan ada rawa-rawa. .
Kita bisa mencoba menunggangi gajah melintasi padang rumput, ilalang, rawa-rawa dan bukit dengan membayar Rp 50.000,-/orang durasi perjalanan sekitar 30 menit. Sangat berbeda jika anda menunggangi gajah di alam terbuka (habitatnya). Saat yang paling menarik dan mengesankan ketika menunggangi gajah adalah pada saat menaiki / menuruni tebing, berlari dan ketika melintasi rawa-rawa. Karena kita tak terbiasa menunggangi gajah yang besar mungkin akan terasa pegal setelahnya. Tapi wisata alam ini cukup menghibur dan menghilangkan stress setelah lelah beraktifitas, dan memulai aktifitas esok dengan semangat.
Selamat mencoba !


18 Responses to “Way Kambas – Tempat perlindungan hayati purba”

  1. Tubs Says:

    ha ha ha congrats ya dul, akhirnya berhasil juga go internasional neeeh, btw naek gajah ga pake helm kok ga dikomplain tuuh, khan ada orang safetynya . hehehehehe Good luck for your new hobby

  2. Rino Says:

    Keren bener mo donk maen kesana…..

  3. Nanie__Asrini Says:

    Wah…Ebad euy,,,BljarNa berhasil,,,dah bs GO iNTERNational
    CongREt..cOngreTtTtTTT,,,

  4. Rinda Sandra nilawati Says:

    wah baru ketemu gajah ya? kayaknya waktu kecil belum pernah ke kebun binatang ya? atau jangan2 waktu kul di bandung belum pernah ke BONBIN ya? waduh kasian banget..
    tapi jujur.. pengen juga naik gajah.. KABITA euy

  5. mit"s Says:

    koq ga ada souvenir oleh2 dr jalan2 nya ya, harusnya kan bisa mpe jakarta juga…hehe.keep update.

  6. dedew maniz Says:

    kapan neng dibawa ksana kang???
    ;)

  7. mymystories Says:

    Alhamdulillah punya kesempatan ke way kambas, ternyata benar bahwa kesempatan itu salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita.
    Penasaran banget deh waktu masih kecil pengen tau n ngeliat tempat ini. Sebsar apa yah gajah yang liar n yang pasti way kambas ini lebih besar dari pada kebon binatang dan mungkin juga taman safari. Dan ternyata lebih dari yang dibayangkan. Puas deh.
    Insya Allah dapet kesempatan lagi buat ngajak temen2 n sayangku :)
    Klo sekarang baru punya kesempatan berbagi cerita aja sama temen2.
    Tunggu kehadiran artikel selanjtnya yaa.. di lokasi wisata alam yang lain

  8. sefti moniriza Says:

    keren banget blognya banyak foto yayangku
    ho…ho..ho
    critanya lucu banget
    ngegemesin kyk orgnya….

  9. sefti moniriza Says:

    Uppss lupa ding kalo yayangku yang pake topi+pake jaket silver itu loh
    cape deh gua ksh pengumuman yah.
    yang punya blog,yg td aq blg ngegemesin tmnnya yayangku
    jd jgn misundersanding ma aq yah
    thank’s

  10. sefti moniriza Says:

    salah nif bukan berbuka but terbuka

  11. mymystories Says:

    maksasih icha buat commentnya. InsyaAllah di perbaiki.
    Salam buat mas mu, kapan maen ke way kabmas lagi. Dah jadi orang sibuk yaa mas Herimu :))
    Jangan bosen yah ngunjungin blog gw, n ngasih comment.
    sekali lagi Thx.

  12. sefti moniriza Says:

    eh yang dfto terakhir itu dokter ya sm Mr.ehsan

  13. CheapAutoInsuranceOnline Says:

    The blog is definitely full of outstanding detail and is actually really fun to browse through.

    Nicely done.

  14. PiterJankovich Says:

    My name is Piter Jankovich. oOnly want to tell, that your blog is really cool
    And want to ask you: is this blog your hobby?
    P.S. Sorry for my bad english

  15. Hanif Says:

    Hi Piter, thanks for his visit here. yes, I just wanted to share the experience here. Are you Interested in Way Kambas?

  16. Sornelies de Marhanie Says:

    tanah kelahiran Q tercinta,,,, i lov u W K

  17. Sornelies de Marhanie Says:

    kapan aq bsa k wk lgi yaht,,,, miss u sangad deht

  18. kiozpulsa.com Says:

    tempat wisata yang menarik,selain dapat refresing,bisa juga mendapatkan ilmu pengetahuan!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: